Penilaian Lomba Gerakan PKK Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2024 di Nagari Koto Gaek Guguak Kabupaten Solok

 


Arosuka, Serasinews.com - Pembukaan dilakukan pada Selasa  28 Mei 2024 di Nagari Koto Gaek Guguak dihadiri  Bupati Solok diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Solok Medison, S. Sos, M. Si,Forkopimda,Pimpinan DPRD Kabupaten Solok,Wakil Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Barat sekaligus Ketua Tim Penilai Ny. Fitria Amelia Audy,Jajaran Tim Penilai,Ketua TP PKK Kabupaten Solok Ny. Hj. Emiko Epyardi, SP,Jajaran TP PKK Kabupaten Solok,Staf Ahli Bupati,Asisten I Drs. Syahrial, MM,Kepala OPD,Ketua Organisasi Wanita sekabupaten Solok, Camat sekabupaten Solok, Forkopimcam, Walinagari se Kecamatan Gunung Talang beserta Tamu Undangan Lainnya.

Sambutan Bupati Solok diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Solok yaitu Medison,S.Sos,M.Si, Pertama kami mengucapkan selamat datang kepada Tim Penilai Lomba Gerakan PKK Tingkat Provinsi Sumbar di Kabupaten Solok tepatnya di Nagari Koto Gaek Guguak. 

Hari ini kita sengaja mengadakan acara di lapangan terbuka, karena kami ingin menunjukkan alam Kabupaten Solok ini yang begitu indah kepada Tim Penilai.

Kami Pemerintah Daerah selalu mendukung penuh seluruh kegiatan di kabupaten solok ini termasuk dengan kegiatan Gerakan PKK, karena kami bertekad akan menjadi yang terbaik dari semua aspek ataupun semua lini.PKK merupakan salah satu elemen yang turut serta membangun Kabupaten Solok, karena dalam 10 Program Pokok PKK merupakan program yang bersinergi dengan program pembangunan pemerintah daerah.

PKK juga telah mengharumkan nama Kabupaten Solok, karena PKK Kabupaten Solok telah menjadi juara umum pada Jambore TP PKK tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023.Alhamdulilah pada tahun ini Kabupaten Solok diamanahkan untuk menjadi tuan rumah Jambore Kader PKK Berprestasi Tingkat Provinsi Sumarera Barat yang Insya Allah akan kita laksanakan pada 16 - 19 Juli 2024 yang bertempat di Kawasan Alahan Panjang Resort. 

Dalam semangat Solok Super Tim dan kebersamaan kami siap mensukseskan Jambore Kader PKK Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatra Barat Tahun 2024.Kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh elemen dan jajaran PKK yang sudah bekerja keras untuk mempersiapkan penilaian ini dengan sebaik baiknya.Harapan kami mudah - mudahan kabupaten Solok mendapatkan hasil yang terbaik dalam penilaian ini.

Sambutan Ketua TP PKK Kabupaten Solok yaitu Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda, SP.Kami atas nama Tim Penggerak PKK Kabupaten Solok mengucapkan selamat datang kepada Ibu Amelia Audi Joinaldy selaku Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Barat beserta rombongan di Nagari Koto Gaek Guguak Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok.

Kami semua bahagia sekali Ibu beserta rombongan datang kesini untuk melaksanakan penilaian Lomba Gerakan PKK Tingkat Provinsi Sumatera Barat, semoga ibu beserta rombongan senang berada disini dengan melihat keindahan alam yang disajikan di Nagari Koto Gaek Guguak ini.

Harapan kami dengan kehadiran ibu beserta rombongan di tempat kami akan memberikan semangat dan motivasi bagi anggota Tim Penggerak PKK Kabupaten Solok untuk berbuat dan berkontribusi lebih baik guna membangun Kabupaten Solok menjadi Kabupaten Terbaik di Sumatera Barat melalui pemberdayaan Masyarakat.

Pada kesempatan ini kami ingin menyampaikan Nagari Koto Gaek Guguak kami pilih karena Nagari Koto Gaek Guguak merupakan nagari yang menang dalam Lomba Gerakan PKK Tingkat Kabupaten Solok Tahun 2023.Nagari Koto Gaek Guguak ini juga terkenal dengan Nagari Rendang dimana kita ketahui rendang merupakan makanan khas Sumatera Barat.

Selain itu di Nagari Koto gaek Guguak ini kami juga melihat besarnya peran serta seluruh stakeholder dalam mendukung kegiatan 10 Program Pokok PKK terutama peran serta Wali Nagari, serta partisipasi masyarakat.

Kami berharap dengan penilaian ini menjadi momentum bagi Tim Penggerak PKK Kabupaten, Kecamatan dan Nagari dalam mengevaluasi pelaksanaan 10 Program Pokok PKK sebagai Upaya memberdayakan Masyarakat sehingga PKK sebagai mitra pemerintah dalam melaksanakan program dapat bersinergi dengan baik.

Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada seluruh Kepala OPD yang telah menempatkan program dan kegiatannya di Nagari Koto Gaek Guguak.

Kami mohon kepada Ibu dan Tim Penilai untuk dapat melihat hal-hal yang baik dari Kegiatan 10 Program Pokok PKK di Nagari Koto Gaek Guguak ini dan memberikan masukan terhadap segala kekurangan yang ada sehingga pelaksanaan 10 Program Pokok PKK di Kabupaten Solok dapat terlaksana dengan baik.

Sambutan Ketua Tim Penilai oleh Wakil Ketua TP PKK Provinsi Sumbar yaitu Ny. Fitria Amelia Audy,Kami mengucapkan terimakasih kepada tuan rumah karena telah bersedia menerima kehadiran kami dengan hangat di Nagari Koto Gaek Guguak ini.

Semoga dengan pertemuan ini dapat mempererat hubungan kita di Provinsi dan Daerah serta juga dapat mempererat tali silaturahmi dan kekeluargaan diantara kita.Tujuan kedatangan kami kesini adalah untuk melaksanakan penilaian Gerakan PKK Tahun 2024, dimana kami akan melakukan penilaian pada 5 kategori lomba diantaranya Penilaian Lomba Kelembagaan Dan Tertib Administrasi PKK.

Lomba ini dilakukan untuk mengetahui pengelolaan kelembagaan dan tertib administrasi di tiap daerah karena semua kegiatan pkk harus tercatat dengan baik, dan administrasi PKK merupakan sebuah tolak ukur telah terealisasi dan terpublikasi 10 program PKK dengan baik.

Penilaian Lomba Pola Asuh Anak Di Era Digital atau PAREDI dari pokja 1, kegiatan ini dimaksudkan agar setiap keluarga menerapkan pola asuh anak dan remaja di era digital secara bijak dan penuh dengan kasih sayang. Serta bagaimana penggunaan smartphone dengan pengawasan sehingga generasi muda kita bisa terjaga dari hal – hal negatif.

Ada Penilaian Kampung Mandiri, ini bertujuan untuk menguatkan ekonomi keluarga memalui pemanfaatan potensi sumber daya yang dimiliki untuk mengembangkan kreatifitas usaha keluarga melalui potensi sumber daya yang dimiliki.

Penilaian Lomba Kawasan Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri Teratur Indah Dan Nyaman atau AKU HATINYA PKK dari Pokja 3, kegiatan ini bertujuan agar dalam satu Kawasan telah mengamalkan pemanfaatan lahan perkarangan dilingkungan rumah untuk ditanami berbagai macam jenis tanaman serta memelihara ternak.

Penilaian PHBS Plus dari Pokja 4, penilaian ini sesuai dengan program unggulan Pokja 4 tahun 2022 -2024 dimana kita akan melihat 7 indikator perilaku hidup bersih dan sehat, serta dengan 2 indikator penilaian keluarga sehat gagah bencana yang peduli lingkungan.

Tujuan lomba ini adalah untuk memantau dan mengevaluasi sejauh mana capaian 10 Program Pokok PKK di daerah, dimana kita berharap setiap daerah telah melakukan pembinaan dan penilaian secara bertahap kepada TP PKK Kecamatan, Nagari, bahkan sampai dasawisma dalam melaksanakan 10 Program Pokok PKK.

Perlu juga kami tegaskan bahwa pelaksanaan kegiatan yang akan dinilai hendaknya mencerminkan kegiatan utuh 10 Program Pokok PKK, dimana penilaiannya terdiri Dari Input, Proses, Output, Serta Inovasi Dan Kreatifitas yang harus terpublikasi baik di media sosial atau media cetak.

Dilanjutkan dengan Ekspos oleh Ketua TP PKK Nagari Koto Gaek Guguak, Ny. Yeti Mardi Henderson dan setelahnya dilakukan penilaian indikator lomba pada masing masing Pokja.(*)

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.