Ungkap kasus tindak pidana uu ite, penyebaran konten asusila disertai pemerasan dan pengancaman


Padang, Serasinews.com - Polda Sumbar mengamankan seorang pria berinisial AD (26) yang diduga melakukan penyebaran konten asusila disertai pemerasan dan pengancaman terhadap pacarnya berinisial SAZ.

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Dwi Sulistyawan mengatakan, pelaku yang berprofesi sebagai buruh itu diamankan di Jalan Berok Lama II, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang pada Rabu, 15 Maret 2023.

"Awalnya mereka berkenalan lewat aplikasi kencan pada  Mei 2021 lalu, mereka saling tukar nomor handphone hingga akhirnya berpacaran. Pada September 2021, AD yang sedang berada di rumah SAZ meminta pacarnya tersebut untuk berhubungan badan," ungkap Dwi kepada awak media, Selasa, 28 Maret 2023 di Mapolda Sumbar.

Lebih lanjut dikatakan Kabid Humas, selesai berhubungan badan, AD diam-diam merekam video SAZ tanpa busana dengan durasi 15 detik.

"Setelah kejadian itu, SAZ sering menolak ajakan AD untuk berhubungan badan lagi hingga beberapa kali terjadi pertengkaran. Kesal dengan penolakan SAZ, pelaku pun mengancam akan menyebarkan video SAZ yang sebelumnya ia rekam," ungkap Dwi.

Selanjutnya, pada Juni 2022, AD menyebarkan video tersebut melalui media sosial Facebook, Instagram dan situs blogspot.com. Selain itu ia juga menyebarkan kepada teman-teman dan dosen kampus SAZ di Kota Padang.

"Pelaku mengirim kepada teman-temannya juga, lalu diperlihatkan kepada SAZ bukti bahwa dia sudah menyebarkan video tersebut. Korban yang merasa dirugikan akhirnya melapor ke Polda Sumbar hingga akhirnya pelaku kita amankan," tambah Dwi.

Saat ini, pelaku sudah berada di Polda Sumbar untuk diproses lebih lanjut.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 27 ayat (1) Jo Pasal 45 ayat (1) dan/atau Pasal 27 ayat (4) Jo Pasal 45 ayat (4) Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi Transaksi Elektronik dengan ancaman maksimal 6 tahun penjara.

Label:

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.