Bimtek Jitu Pasna BPBD Sumbar Hari ke Tiga Bahas Infografis



 Padang, SerasiNews.com- Hitung Cepat Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (Jitu Pasna) dihari ke-3 angkatan ke VIII dalam Bimtek kali ini para relawan diuji pengetahuan tentang kajian Infografis dan menghitung kerugian permukiman, ekonomi, infrastruktur, sektor sosial dan lintas sektor pasca bencana, Jumat (01/10/2020).



Pada hari ketiga,  setiap masing-masing kelompok dituntut untuk membuat infografis pencatatan kerusakan, kerugian pasca bencana guna untuk penghitungan secara cepat dan akurat.


Selanjutnya, pemaparan infografis oleh setiap kelompok  Bimtek Jitu PasNa dipandu langsung oleh Jayadi Imam Nugroho dari  Mahoni Cakra Saujana Jogjakrta.


Ada beberapa kelompok infografis, diantaranya kemompok jps, kelompok kopi paik, kelompok hip hura-hura, kelompok longsor. Kemudian kelompok tangkas, kelompok siaga, ada juga kelompok maju dan lainnya.


Pantauan media di lokasi Bimtek, antusiasme setiap kelompok dalam mempresentasikan hasil olahan data dilapangan, seperti bencana banjir, bencana gempa, bencana longsor, bencana tsunami.




Dikatakan Jayadi Imam Nugroho, infogrfis merupkan info yang mudah dibaca, dipahami dan menjadi acuan dalam penanganan bencana.


“ Yang pasti, pelatihan ini sangat penting karena untuk menyiapkan data berbasis bukti saat bencana terjadi, bukan data yang sifatnya opini," kata Jayadi panggilan akrabnya dari PT. Mahoni Cakra Saujana (MCA) yang merupakan mitra kerja BNPB.


Pemaparan infografis dari peserta bimtek bagus dan menarik semua. Artinya, peserta memamahi materi yang telah diberikan dan apa tujuan ajar Bimtek Jitu Pasna tercapai sesuai target, ujar Jayadi. (WEP)

Label: ,

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.